Selasa, 05 Oktober 2010

Penduduk, Masyarakat dan Kebudayaan

Piramida Penduduk.
 
Piramida Penduduk adalah dua buah diagram batang, pada satu sisi menunjukkan jumlah penduduk laki-laki dan pada sisi lainnya menunjukkan jumlah penduduk perempuan dalam kelompok interval usia penduduk lima tahunan. Penduduk laki-laki biasanya digambarkan di sebelah kiri dan penduduk wanita di sebelah kanan.

Piramida Penduduk dibedakan menjadi tiga macam yaitu :
1. Piramida Muda : menunjukkan jumlah penduduk usia muda lebih banyak dari pada usia dewasa maupun tua, sehingga pertumbuhan penduduk sangat tinggi, contohnya: Indonesia, Filipina, Mesir, Nigeria, Brazil.
2. Piramida Tetap/Stasioner : menunjukkan jumlah usia muda hampir sama dengan usia dewasa, sehingga pertumbuhan penduduk kecil sekali, contohnya: Amerika Serikat, Belanda, Norwegia, Finlandia.
3. Piramida Tua : menunjukkan jumlah penduduk usia tua lebih besar dari pada usia muda, jumlah penduduk mengalami penurunan, contohnya: negara-negara yang baru dilanda perang.



Persebaran Penduduk.

Persebaran atau distribusi penduduk adalah bentuk penyebaran penduduk di suatu wilayah atau negara, apakah penduduk tersebut tersebar merata atau tidak.

Kepadatan penduduk adalah angka yang menunjukkan jumlah rata-rata penduduk pada setiap Km2 pada suatu wilayah negara.



Faktor-faktor yang mempengaruhi penyebaran dan kepadatan penduduk tiap-tiap daerah atau negara sebagai berikut:
1. Faktor Fisiografis
2. Faktor Biologis
3. Faktor Kebudayaan dan Teknologi

Rasio Ketergantungan Penduduk

Rasio Ketergantungan (Dependency Ratio) adalah perbandingan antara jumlah penduduk berumur 0-14 tahun, ditambah dengan jumlah penduduk 65 tahun keatas dibandingkan dengan jumlah penduduk usia 15-64 tahun. Rasio ketergantungan dapat dilihat menurut usia yakni Rasio Ketergantungan Muda dan Rasio Ketergantungan Tua.
Rasio Ketergantungan Muda adalah perbandingan jumlah penduduk umur 0-14 tahun dengan jumlah penduduk umur 15 – 64 tahun.
Rasio Ketergantungan Tua adalah perbandingan jumlah penduduk umur 65 tahun ke atas dengan jumlah penduduk di usia 15-64 tahun.








Di Indonesia banyak beberapa kota yang sudah berkembang pesat layaknya Jakarta dan sekitarnya, tidak heran masalah yang timbul seperti kemacetan lalu lintas, pencemaran udara dan air, bertambah banyaknya pemukiman kumuh, dan tingkat kejahatan yang semakin lama semakin meningkat.
Oleh karena itu, dalam pemecahan masalah ini harus diketahui apa dan bagaimana strategi yang harus digunakan bagi masing-masing kota yang berkembang.
Salah satunya adalah persebaran penduduk di Indonesia, persebaran penduduk di beberapa wilayah seperti Urbanisasi, Transmigrasi, dll. sangat berperan penting dalam menjaga negara kita kedalam negara yang "DAMAI dan SEJAHTERA"


Sumber : http://www.datastatistik-indonesia.com/

1 komentar: